Yamaha Byson Fi

Yamaha Byson Fi

Kredit Yamaha Byson Fi – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih setia untuk menggarap segmen entry-level motor sport di pasar otomotif Tanah Air. Setelah ‘menelurkan’ New Yamaha V-ixion Advance, PT YIMM kini mengenalkan Yamaha Byson FI yang merupakan versi facelift dari Yamaha Byson generasi lama. Waktu peluncuran Yamaha Byson Injeksi ini sebenarnya hampir bersamaan dengan waktu perilisan Yamaha untuk motor sport kelas high-end, yaitu Yamaha MT-25. Seperti pernah disampaikan oleh Kepala Divisi Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur beberapa waktu yang lalu, Yamaha Indonesia memang akan sedikit ‘sibuk’ mendekati Hari Raya Lebaran 2015. Hal ini terbukti dengan perilisan dua unit motor baru pada medio Juni 2015 ini, yaitu Yamaha Byson FI dan juga Yamaha MT-25.

Penempatan embel-embel ‘FI’ pada Yamaha Byson FI jelas menunjukkan bahwa Yamaha membuat perubahan pada dapur pacu salah satu motor sport kelas pemula andalannya ini. Jika sebelumnya Byson menggunakan sistem karburator, maka kali ini Yamaha Byson FI sudah mengusung mesin berteknologi Fuel Injection. Penggunaan mesin injeksi ini sedikit mempengaruhi kapasitas mesinnya. Kali ini Yamaha membekali Yamaha Byson FI dengan mesin berkapasitas 149 cc, sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan kapasitas mesin Yamaha Byson versi karburator yang berkapasitas 153 cc. Karena cc-nya lebih kecil, performa Yamaha Byson Injeksi pun tak akan segahar Byson versi karburator yang dikenal kencang pada putaran mesin bawah. Namun meski kapasitas mesinnya lebih kecil, Byson FI tetap memiliki keunggulan lain jika dibandingkan dengan saudara tuanya itu. Nah, buat Brosis yang sudah tak sabar dengan detail spesifikasi dan harga Yamaha Byson FI ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

Spesifikasi Yamaha Byson FI

Desain Big Bike Look yang Semakin Gahar

Dari desain luar, spesifikasi Yamaha Byson FI ini memiliki tampilan yang benar-benar revolusioner. Meski masih menggunakan basis desain Yamaha Byson versi karburator, namun Byson FI memiliki tampilan bodi yang benar-benar berbeda dari versi lamanya. Kali ini, Yamaha Byson FI tampil dengan bentuk headlight yang memiliki desain V-shape ala Yamaha MT-25. Selain itu, Yamaha pun menyematkan cover baru pada bagian lampu utama Byson FI. Kemudian, Yamaha Byson FI juga memiliki desain shrouds baru yang lebih stylish. Wajah Yamaha Byson Injeksi pun juga terlihat lebih segar dengan penempatan lampu sein sedikit di bawah lampu utama. Bergerak ke sektor belakang, kali ini Byson FI menggunakan desain jok terpisah yang berbeda dengan Byson versi karburator. Penggunaan jok bertingkat pada Yamaha Byson FI yang terdiri dari dua bagian ini akan memberikan kenyamanan ekstra kepada pengendaranya. Selanjutnya, Yamaha pun mengubah tampilan buritan generasi kedua Yamaha Byson ini. Kali ini, Yamaha Byson Injeksi mengusung desain back tail yang lebih kecil dan dikombinasikan dengan lampu belakang berbentuk berlian. Revolusi spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian desain juga terlihat pada bagian muffler-nya yang memiliki desain baru dengan dimensi lebih kecil.

Panel Dashboard Futiristik dengan LCD Digital

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian panel dashboard-nya. Panel dashboard pada Byson FI ini menggunakan basis desain yang berbeda dengan Yamaha Byson versi korburator. Kali ini Yamaha Byson FI memiliki panel dashboard yang lebih canggih karena telah menggunakan panel LCD Digital. Jika Yamaha Byson generasi lama memiliki desain dashboard berbentuk trapesium, maka Yamaha Byson Injeksi ini memiliki panel dashboard minimalis dengan bentuk persegi panjang. Pada panel utama, terdapat indikator speedometer dan juga tachometer digital. Bagian sisi kanan panel dashboard Yamaha Byson FI diisi oleh indikator trip meter, indikator RPM, serta panel penunjuk kapasitas bahan bakar. Sementara itu, panel dashboard Yamaha Byson FI juga telah dilengkapi dengan indikator injeksi serta panel ECO Indicator untuk mengetahui kondisi mesinnya. Sedangkan sisi kanan dan kiri spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian dashboard ditempati oleh indikator lampu utama dan lampu sein, serta indikator penunjuk posisi gigi persneling.

Dimensi Lebih Besar Cocok untuk Daerah Perkotaan

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian dimensinya. Yamaha masih mempertahankan basis desain Byson generasi lama untuk membangun Byson FI ini. Yamaha Byson Injeksi memiliki bodi dengan ukuran 1.990 x 780 x 1.045 mm, sedikit lebih tinggi daripada Byson versi karburator. Versi facelift dari Yamaha Byson ini juga memiliki ukuran jarak sumbu roda 1.340 mm serta jarak terendah dengan tanah mencapai 170 mm. Dengan dimensi bodi seperti ini serta didukung oleh penggunaan setang lebar, pengendara Yamaha Byson FI akan lebih mudah untuk bermanuver di jalanan perkotaan yang ramai. Meski memiliki dimensi yang cukup panjang, namun Yamaha Byson Injeksi ini hanya berbobot sekitar 155 kg. Bobot yang tak terlalu berat ini akan semakin memudahkan rider-nya untuk berakselerasi di tengah-tengah keramaian jalanan kota. Spesifikasi Yamaha Byson FI juga dilengkapi dengan tangki BBM 12 L yang memiliki desain sama dengan Byson generasi lama.

Kaki-kaki Kokoh dengan Suspensi Nyaman

Berpindah ke spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian kaki-kaki, kita akan melihat seberapa kokoh suspensi pada Byson generasi kedua ini. Sebenarnya Yamaha pun masih menggunakan basis rangka dan suspensi yang sama antara Yamaha Byson FI dengan Byson versi lama. Yamaha masih setia menggunakan rangka tipe diamond dengan bahan pipa baja. Rangka diamond racikan Yamaha yang digunakan pada Yamaha Byson Injeksi ini sudah terbukti ketangguhan dan kekokohannya. Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan pada pengendaranya, Yamaha menggunakan suspensi teleskopik pada bagian depan Yamaha Byson FI ini. Sedangkan untuk suspensi belakang, Yamaha menggunakan suspensi monoshock dengan swing arm untuk memberikan kenyamanan pada pemboncengnya. Untuk memberikan grip yang mantap, Yamaha masih membekali Yamaha Byson FI dengan sepasang ban berukuran besar yang membalut velg bertapak lebar. Pada bagian depan, Yamaha menyematkan ban berukuran 100/80-17. Sementara itu spesifikasi Yamaha Byson FI di sektor kaki-kaki belakang didukung oleh ban berukuran 130/70-17.

Kapasitas Mesin 150 cc namun Sudah Berteknologi Fuel Injection

Kini saatnya beralih ke spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian dapur pacunya. Seperti yang Mas Sena sempat singgung pada bagian awal tadi, kali ini Yamaha mengurangi kapasitas mesin pada unit Yamaha Byson FI ini. Jika sebelumnya Byson versi lama menggunakan masin berkapasitas 153 cc, kali ini Byson versi injeksi mengusung mesin berkapasitas 149 cc. Meski kapasitasnya lebih kecil, namun mesin Yamaha Byson FI ini tetap memiliki performa tangguh karena Yamaha telah menyematkan teknologi Fuel Injection pada mesinnya. Mesin SOHC Single Cylinder pada Byson FI ini mampu memuntahkan daya maksimal sebesar 8,61 kW pada putaran mesin 8.000 rpm serta torsi sebesar 12,98 Nm pada 6.000 rpm. Selain itu, Yamaha Byson Injeksi juga lebih irit konsumsi BBM karena teknologi injeksinya sudah bersertifikat Euro 3. Selebihnya, spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian dapur pacu masih sama dengan spesifikasi mesin Yamaha Byson generasi lama.

Fitur Canggih Adaptasi dari Moge Yamaha

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian fitur-fiturnya. Yamaha Byson generasi baru ini memiliki beberapa fitur tambahan yang membuatnya berbeda dengan Byson versi lama. Salah satu fitur modern pada Yamaha Byson FI adalah penggunaan panel dashboard digital yang menggantikan speedometer analog. Selain itu motor baru Yamaha ini juga telah dilengkapi dengan visor baru pada bagian lampu utamanya. Untuk fitur baru Yamaha Byson Injeksi pada bagian mesin, Yamaha sudah menggunakan teknologi Fuel Injection yang akan membuat Byson generasi baru ini lebih irit konsumsi bahan bakar. Spesifikasi Yamaha Byson FI pada bagian fitur-fitur pelengka juga ditambah dengan kehadiran air-shrouds serta muffler dengan bentuk dan desain baru yang lebih futuristik.

Yamaha Byson FI
Mesin
Tipe Mesin 4-stroke 149cc SOHC Single Cylender
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Daya Maksimum 9,61 kW / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 12,98 Nm / 6.000 rpm
Tipe Pendingin Liquid Cooled
Sistem Starter Electric & Kick Starter
Sistem Pelumasan Wet
Kapasitas Oli Mesin 1,25 L
Tipe Kopling Wet, manual clutch, multiplate
Transmisi 5-speed / 1-N-2-3-4-5
Dimensi
P x L x T 1.990 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak Sumbu Roda 1.340 mm
Jarak Terendah dengan Tanah 170 mm
Tinggi Jok 790 mm
Berat Isi 155 kg
Kapasitas Tangki BBM 12 L
Rangka
Tipe Rangka Diamond
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monoshock, Swing Arm
Ban Depan 100/80-17M/C (52P)
Ban Belakang 130/70-17M/C (62S)
Kelistrikan
Sistem Pengapian TCI
Baterai GTZ4v/YTZ4v
Tipe Busi NGK/CPR8EA-9

Harga Yamaha Byson FI

Nah itulah tadi ulasan lengkap Mas Sena tentang Yamaha Byson generasi kedua ini. Sekarang, kita akan membahas kisaran harga Yamaha Byson FI yang menurut rencana akan mulai dipasarkan pada minggu ketiga bulan Juni 2015 ini. Jika dilihat dari spesifikasi luarnya, jelas Yamaha Byson FI ini memiliki tampilan yang lebih ‘sangar’ daripada Byson versi lama. Selain desain baru yang lebih kuat beraroma naked street fighter, kisaran harga Yamaha Byson FI ini juga dipengaruhi oleh penggunaan mesin yang lebih canggih. Berbeda dengan Byson generasi lama, Yamaha Byson 2015 ini sudah mengusung mesin berteknologi Fuel Injection yang akan membuatnya lebih irit konsumsi BBM. Meski power-nya lebih kecil jika dibandingkan dengan Byson versi lama, namun mesin SOHC 149 cc milik Byson FI ini juga memiliki performa yang tak kalah tangguhnya. Nah, dengan spesifikasi seperti ini, kira-kira harga Yamaha Byson FI ini berapa ya?

Mengusung mesin injeksi yang lebih canggih daripada versi lamanya, jelas harga Yamaha Byson FI ini akan sedikit lebih mahal dari versi lamanya yang masih menggunakan sistem mesin karburator. Selain mesin berteknologi Fuel Injection yang dibawanya, kisaran harga Yamaha Byson FI ini juga akan dipengaruhi oleh fitur-fitur baru berupa desain muffler yang lebih besar serta airshrouds-nya yang nampak lebig stylish. Meski kapasitas mesin Yamaha Byson FI sedikit labih kecil daripada Byson versi lama, namun hal ini tak akan mengurangi ketangguhan motor baru Yamaha ini. Dengan mesin dan fitur baru yang ada padanya, Yamaha memanderol harga Yamaha Byson Injeksi pada kisaran Rp 22.500.000,- (OTR Jakarta). Harga ini memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Yamaha Byson versi karburator. Namun tentunya harga Yamaha Byson FI tadi tetap terjangkau, terutama untuk segmen sport entry level.

Harga Yamaha Byson FI

Sekitar Rp 22.500.000,- (OTR Jakarta)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s