Yamaha Mio M3 125

Yamaha Mio M3 125

Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang merupakan generasi baru dari skutik andalan Yamaha Indonesia, yakni Yamaha Mio. Jika berbicara mengenai popularitas motor skutik atau skuter matik di Indonesia, pasti ingatan kita akan tertuju pada salah satu motor dari Yamaha, yakni Mio. Kendati bukan matik pertama yang mengaspal di Tanah Air, namun melejitnya popularitas motor matik di dalam negeri sampai sekarang bisa jadi karena peran Yamaha Mio. Jauh sebelum generasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini lahir, awal mulanya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan varian Mio adalah dengan fokus ‘lady bikers’, namun nyatanya sampai sekarang motor ini juga digemari semua kalangan, baik pengendara wanita maupun pengendara pria. Kemudian ketika pertama kali dirilis, Yamaha Mio juga sempat menjadi primadona motor matik di Indonesia, hingga setelah Honda meluncurkan dua varian skutik pesaing, yakni Vario dan BeAt, pangsa pasar Mio terus tergerus. Nah, bicara soal generasi Mio di Indonesia, motor ini sudah beberapa kali mengalami revisi. Mulai dari tampilan hingga sektor jeroannya, pertama kali diproduksi dengan mesin berpengabut bahan bakar karburator, lalu dilanjutkan dengan YMJET-FI, dan terakhir YIMM merilis Mio Series dengan mesin yang benar-benar baru dan disesuaikan dengan perkembangan jaman. Sosok terbaru itu adalah Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang akan segera kita bahas secara mendalam pada kesempatan kali ini.

Diluncurkan di penghujung tahun 2014, Yamaha Mio M3 125 Blue Core membawa banyak perubahan untuk konsumen agar bisa bersaing dengan kompetitornya. Sesuai namanya, skutik ini memang lahir dengan mesin baru yang dinamakan teknologi Blue Core menggeser teknologi YM-JET FI yang lebih dulu digunakan di generasi Mio sebelumnya. Begitupun soal desainnya, tampaknya kini YIMM sudah tampil all-out dalam mendesain generasi terbaru dari Mio ini. Lantas sesuai segmentasinya, Yamaha Mio M3 125 Blue Core memiliki desain yang universal, yaitu cocok untuk semua kalangan, dengan tampilan yang simple, trendy dan tentunya semakin sporty. Lewat desain yang baru ini diharapkan oleh Yamaha dapat kembali mendominasi pasar motor skutik yang saat ini memang tidak seramai pasar motor sport mereka. Dengan menggendong mesin anyar berkapasitas 125 cc disertai dengan inovasi mesin dan teknologi modern, jelas kehadiran Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini akan menambah alternatif pilihan motor matik di Indonesia yang sekarang masih dikuasai Honda. Lewat teknologi Blue Core yang menjadi paten Yamaha, motor ini diklaim memiliki performa mumpuni dan efisien terhadap konsumsi bahan bakar. Soal ketahanannya pun juga dijamin Yamaha, karena pada komponen mesinnya Yamaha Mio M3 125 Blue Core sudah disematkan dengan teknologi ala motor balap. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai keunggulan dari generasi paling anyar dari Mio, berikut ini ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core dari bagian eksterior sampai interiornya. Simak ya!

Spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Skuter Matik dengan Desain M-Style yang Trendy dan Sporty

Pada segmen pertama ini, Mas Sena akan lebih dulu mengajak Bro dan Sis untuk mengulas desain tampilan terluar dari spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini. Apabila kita lihat, pada desain motor ini memang mengusung tampilan baru yang lebih revolusioner dibandingkan generasi Mio sebelumnya. Sebagai pengingat, sebelumnya Yamaha juga sudah merilis Mio M3, namun belum menggunakan teknologi Blue Core dengan desain eksterior yang hampir sama. Hal ini bisa kita lihat dari desain lampu depan atau headlamp pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang kini terlihat lebih modern, meskipun belum berteknologi LED. Desain fisik Mio M3 125 generasi baru ini sendiri terhitung cukup keren dengan model M-Shape Headlamp yang mulai menjadi trend headlamp Mio M3 series. Beralih ke body samping, Yamaha Mio M3 125 Blue Core dirancang dengan tingkat kenyamanan cukup tinggi dengan body yang begitu ramping dan pas, serta dipadukan sayap yang memiliki layer sehingga membuat motor matik Yamaha yang satu ini terlihat lebih sporty dan stylish. Alhasil, bila dilihat dari desain yang disuguhkan oleh Yamaha Mio M3 125 Blue Core, motor ini cocok digunakan untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita dengan segala klasifikasi umur. Soal stripingnya juga terbilang bagus dengan desain grafis minimalis namun masih ‘eye catchy’ dan tidak terlihat ketinggalan jaman. Beralih pada bagian jok dan handle seatnya, YIMM menyematkan handle seat dengan M Style yang mampu menampilkan kesan futuristik pada motor ini. Lantas untuk sektor buritannya, Yamaha Mio M3 125 Blue Core memiliki body belakang yang bertema Smokey Tail Lamp, yakni lampu belakang berdesain ‘racy’ dengan aksen smoke yang berkarakter tegas. Secara keseluruhan menurut Mas Sena, motor matik baru Yamaha ini memang menawarkan desain yang lebih elegan dan modern dibandingkan generasi lawasnya, tanpa harus mengesampingkan segi kenyamanan. Apalagi YIMM juga meracik spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core dengan perpaduan warna yang lebih atraktif, terdiri dari enam pilihan warna menarik yang bisa Bro dan Sis pilih.

Panel Speedometer Analog Atraktif dan Pastinya Sangat User Friendly

Untuk segmen kedua ini, Mas Sena akan mengulas spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core pada bagian panel dashboard atau speedometernya. Pada bagian instrumen panelnya, Yamaha telah merancang desain speedometer yang benar-benar fresh. Untuk bagian speedometer Mio M3 125 Blue Core ini terdiri dari dua cluster yang ditempatkan pada bagian atas dan bawah. Pada bagian atas speedometer Yamaha Mio M3 125 Blue Core dirancang dengan desain yang ciamik dalam frame heksagonal lancip ke bawah dengan jarum penunjuk analog, serta sudah tersedia indikator ECO untuk mempermudah pengendara menghemat bahan bakar. Desain yang terlihat pada speedometer Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini dibuat dengan konsep minimalis, namun tetap kentara aura modern dan pastinya sangat user friendly. Untuk fuel meter, terdapat pada cluster kecil yang ditempatkan dibawah cluster utama berbentuk guratan tajam. Begitupun di sekeliling speedometer terdapat indikator lampu dan ECO yang dibuat mencolok agar mudah dilihat. Tak lupa, untuk mempercantik desain panel dashboard pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini ditutup dengan penggunaan cover speedometer beraksen karbon layaknya motor balap. Melihat tampilan speedometernya selain atraktif, speedometer pada spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini juga sangat fungsional dan juga keren.

Dimensi Ramping Cocok Sebagai Kendaraan Harian Bagi Mereka yang Punya Mobilitas Tinggi

Pada segmen ketiga ini, Mas Sena selanjutnya akan mengajak Bro dan Sis untuk melihat sektor dimensional dari spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini. Jika kita lihat secara dimensinya, motor matik Yamaha ini memang terlihat memiliki desain body yang slim. Untuk dimensi yang dimiliki motor ini adalah 1.870 x 685 x 1035 mm dengan bobot hanya berkisar 94 gram serta tinggi jok 750 mm. Dilihat dari dimensinya, membuat Yamaha Mio M3 125 Blue Core akan lebih mudah dikendalikan dan nyaman untuk dikendarai oleh pengendara yang memiliki postur tidak tinggi tanpa harus jinjit jika hendak menungganginya. Bahkan dengan dimensi yang termasuk ramping tersebut, akan memudahkan Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini bermanuver dikondisi jalanan yang padat seperti pada jalanan perkotaan. Untuk berkendara di jalanan yang memiliki kontur tanah kurang rata pun juga masih nyaman karena motor ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 135 mm. Kapasitas bagasi yang ada pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core adalah sebesar 10.1 liter, di mana kapasitas tersebut cukup untuk menyimpan barang-barang Bro dan Sis, meskipun masih belum cukup untuk menyimpan helm half face. Sedangkan untuk kapasitas tangki bahan bakar, motor matik Yamaha yang satu ini memiliki kapasitas lebih besar daripada motor skutik kelas 125 cc lainnya dengan sanggup menampung kapasitas 4,2 liter untuk sekali pengisian. Lewat kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar pada spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini, akan mampu membuatnya menempuh jarak 200 km dengan tingkat efisiensi konsumsi BBM cukup tinggi.

Dibekali dengan Suspensi Nyaman Khas Motor Yamaha

Memiliki tampilan yang modern dan cantik, pastinya motor baru Yamaha ini juga wajib dibekali dengan senjata berupa suspensi yang mantap demi stabilitas berkendara penggunanya. Untuk bagian suspensinya, spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ternyata sudah dijejali dengan suspensi handal khas Yamaha. Meskipun mungkin bagi yang belum terbiasa, suspensinya terasa cukup keras namun ternyata suspensi Yamaha terkenal mampu memberikan tingkat kenyamanan pada handling yang cukup tinggi. Untuk suspensinya, Yamaha Mio M3 125 Blue Core mengadopsi suspensi teleskopik untuk bagian depan depan serta suspensi dengan sistem lengan ayun untuk bagian belakang. Sama seperti varian motor small-matic pada umumnya, Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini juga sangat nyaman digunakan untuk berboncengan ataupun single riding. Dengan kerangka berjenis tulang punggung atau underbone, motor ini tetap akan stabil digunakan di jalan raya yang memiliki traffic padat atau jalanan kurang rata. Lalu beranjak pada bagian kaki-kaki dari Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini, Yamaha menyematkan ban depan berukuran 70/90–14 M/C 34P dan ban belakang berukuran 80/90–14 M/C 40P. Jika kita amati, ukuran ban yang dimiliki Yamaha Mio M3 125 generasi baru ini memang cenderung lebih kecil dibandingkan kompetitornya. Bergerak ke sektor pengereman, kali ini spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core pun juga sudah didukung dengan rem single disc brake pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang yang semuanya befungsi cukup baik dan pastinya sangat pakem.

Mesin CVT 125cc Blue Core Hasilkan Performa Maksimal dan Tetap Irit BBM

Nah selanjutnya, sekarang saatnya kita membedah spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core di sektor dapur pacu ini. Pada spesifikasi teknis generasi Mio M3 125 Blue Core, Yamaha mengusung mesin generasi baru yang memiliki kapasitas isi silinder sebesar 125 cc. Mesin yang digunakan pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini merupakan mesin dengan tipe transmisi otomatis dengan rasio kompresi pembakaran yang cukup tinggi. Mesin pada motor ini akan mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 7.0 Kw/8000 rpm dan torsi maksimal mencapai 9.6 Nm/5500 rpm. Keunggulan mesinnya, berat mesin berteknologi Blue Core pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini hanya mencapai 32,6 kg yang terasa paling ringan dikelasnya. Selain itu, mesin yang mampu menghasilkan tenaga cukup besar ini sudah dilengkapi dengan telnologi pendingin udara serta menggunakan model CVT terbaru yang diklaim mampu menstabilkan suhu sehingga akselerasi makin cepat. Mesin yang menggawangi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini mampu berpacu secara responsif pada setiap putaran mesinnya berkat hasil dari perpaduan desain jalur aliran udara model baru dan throttle body berukuran 24 mm serta injektor empat lubang. Meskipun memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi, Yamaha mengklaim bahwa Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini memiliki pembakaran 50% lebih irit serta peningkatan performa signifikan dibandingkan dengan model generasi awal Mio yang kala itu masih menggunakan mesin karburator. Selain efisien dalam peningkatan proses pembakaran, mesin Yamaha Blue Core ini dalam bekerja meminimalisir daya gesek serta termasuk memiliki ketahanan yang bagus berkat komponen DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang sudah terbukti. Tercatat, Yamaha Mio M3 125 Blue Core adalah motor skutik pertama produksi Yamaha Indonesia yang menggunakan teknologi Blue Core. Teknologi ini sendiri membuat performanya menjadi jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Sedangkan untuk sistem suplai bahan bakar pada spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini telah menggunakan teknologi injeksi yang pastinya lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis karburator.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Lengkap Hadirkan Suasana Perjalanan Menyenangkan

Tibalah kita pada segmen pembahasan spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang paling akhir, yaitu pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Pada generasi barunya ini, sebenarnya Yamaha masih mengusung platform fitur yang serba baru dan tentunya masing-masing fitur memiliki sentuhan modern. Untuk fitur keamanannya Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini termasuk sudah cukup lengkap dengan kelengkapan fitur seperti speedometer yang sudah memiliki eco indicator, smart lock system, multifunction key dan juga smart side stand witch. Lewat fitur tersebut, Bro dan Sis dapat dengan cepat mengetahui kondisi motor hanya dengan melihat bagian speedometer yang informatif dan mudah terpantau. Fitur Eco Indicator pada Yamaha Blue Core ini terletak di bagian kiri atas sehingga memastikan pengendara bisa mengendalikan motor lebih efisien supaya hemat dalam konsumsi BBM. Selain itu, terdapat kunci utama yang multifungsi pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core sebagai kunci stang, kunci kontak dan akses bagasi dengan membuka jok. Motor baru dari Yamaha ini juga sudah dilengkapi dengan penutup lubang kunci, yang semuanya saling terintegrasi. Fungsi smart lock system membuatnya mudah saat mengunci rem di jalan menanjak atau menurun dengan otomatis dengan mengklik fitur ini dengan jari pengendara. Fitur lain yang ada pada Yamaha Mio M3 125 Blue Core adalah Smart Side Stand Switch yang akan membuatnya lebih aman ketika memarkirkan motor karena dapat langsung mematikan mesin ketika standar samping diturunkan. Fitur ini juga memberi konfirmasi dengan indikator yang berkedip pada saat digunakan. Nah, bila melihat fitur tambahan yang ditawarkan oleh spesifikasi Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini memang sangat menarik bukan?! Yang jelas, Bro dan Sis akan menikmati sensasi seru saat berkendara berkat beragam fitur canggih nan fungsional pada generasi Mio M3 125 Blue Core ini.

Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Mesin
Tipe Mesin 4 Langkah SOHC, Berpendingin udara
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Kubikasi 125 cc
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Power Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,6 Nm / 5500 rpm
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84L ; penggantian berkala = 0,80L
Transmisi
Sistem Transmsi CVT Otomatis
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Starter Pedal & Elektrik
Sistem Pengapian TCI / Fuel Injection
Tipe baterai GTZ4V / YTZ4V
Rangka
Tipe Rangka Underbone
P x L x T 1870 x 685 x 1035 mm
Jarak Sumbu Roda 1260 mm
Tinggi Jok 750 mm
Jarak ke Tanah 135 mm
Bobot Isi CW = 92 kg ; SW = 94 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4,2L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 70/90-14M/C 34P
Ban Belakang 80/90-14M/C 40P
Pengereman
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Setelah puas dengan pembahasan spesifikasi dari tiap-tiap bagiannya, kini waktunya kita mengulas bagian yang terakhir, yaitu kisaran harga. Namun sebelum lebih jauh berbicara mengenai harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan dari apa yang sudah kita bahas di bagian spesifikasi tadi. Secara kasat mata, generasi terbaru dari keluarga Yamaha Mio ini memang tampil lebih keren dan futuristik. Kali ini, Yamaha Mio M3 125 Blue Core tampil dengan desain bodi baru yang berkarakter sporty berpadu dengan lekukan yang lebih tegas. Mulai dari bagian lampu utama hingga sektor buritan, memang Mio M3 125 Blue Core ini tampil lebih fresh. Selain memiliki tampilan fisik yang baru, skutik kebanggaan Yamaha ini pun juga memiliki ‘jeroan’ baru, yakni mesin berteknologi Blue Core. Penggunaan mesin baru ini selain berpengaruh pada performa juga akan berimbas pada revisi harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core di pasaran. Seakan tak hanya tampil sebagai versi facelift, generasi baru Mio M3 ini memang membawa beragam fitur tambahan baru yang pastinya semakin canggih dan fungsional. Bagaimana? Bro dan Sis sudah terbayang harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini?

Seperti biasa, Yamaha selalu menawarkan harga yang sangat kompetitif bagi konsumennya. Untuk harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core saat ini dibanderol dengan harga Rp 14.700.000,-. Untuk pasar otomotif di Tanah Air, banderol harga Yamaha Indonesia untuk Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini memang sangat kompetitif. Harga tersebut bersaing ketat dengan rival utamanya, yaitu Honda Vario. Honda Vario sendiri memiliki pilihan Vario 125 eSP yang akan bertarung ketat dengan Mio M3 125 Blue Core ini. memang harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core ini sedikit lebih murah daripada harga jual Honda Vario 125 eSP. Namun siapa yang berani meragukan kualitas produk Yamaha. Dengan harga yang bersaing ketat, pastinya hal ini akan memudahkan konsumen dalam menentukan pilihannya. Dengan harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang cukup kompetitif ini pula, dipastikan persaingan di kelas matic low-end di pasar otomotif nasional akan semakin sengit.

Harga Yamaha Mio M3 125 Blue Core

Rp 14.700.000,- (OTR Jakarta)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s